Troubleshooting dan pengisian freon AC (Air Conditioner) mobil menggunakan manifold gauge.
Salam Otomotif !!
Hallo para automotive beginners, kali ini saya akan membahas tentang apa saja troubleshooting (Masalah masalah) yang ada dalam sistem ac mobil dan cara mengisi freon ke ac mobil dengan menggunakan manifold gauge.
![]() |
Skema_Sistem_AC |
1.System Ac tidak dingin saat dihidupkan
•Freon kurang atau habis (tidak ada media yang digunakan untuk merubah suhu).
*Freon kurang bisa disebabkan oleh pemakaian yang terlalu lama atau kebocoran pada instalasi ac
(evaporator, kondensor , selang penghubung, sambungan sambungan).
•Receiver dryer tersumbat.
•Expansion valve tersumbat.
•Kipas kondensor tidak bekerja (gas Freon di kondensor tidak berubah wujud cair sehingga tidak
ada yang dikabutan).
•Blower tidak berputar (Udara dingin tidak dihembuskan ke kabin mobil).
•Kompresor tidak bekerja / Magnetic clutch rusak (Tidak ada Freon yang ditingkatka temperaturnya
/ siklus tidak berjalan).
•V- belt putus (Kompresor tidak bekerja).
2.Tekanan Kerja Kurang
•Freon kurang (Pengisian kurang).
•Kebocoran system ac.
•Kelebihan oli compressor.
3.Tekanan kerja diatas standar.
•Pengisian / isi Freon dalam system ac terlalu banyak.
•Kondensor tidak bekerja / kipas kondensor rusak (Gas Freon bertekanan tinggi tidak berubah jadi
cair sehingga tidak dikabutkan di ekspansion valve dan hanya melewati ekspansion valve karena
berbentuk gas , lalu masuk ke saluran bertekanan rendah dalam wujud gas Freon bertekanan tinggi).
4.Tekanan Rendah diatas standard dan tekanan tinggi dibawah standar.
•Terjadi kerusakan pada compressor = cincin torak dan torak aus, katup hisap aus (Pada saat langkah
kompresi gas Freon dikirim ke saluran rendah melalui katup hisap karena sudah aus).
•Magnetic clutch rusak.(tekanan di kedua saluran menjadi seimbang).
5.Tekanan rendahnya kurang dari standar , tekanan tinggi diatas standar.
•Ekspansion valve tersumbat.
•Receiver dryer tersumbat.
•Sensor pengatur tekanan rusak.
Standar tekanan rendah dan tekanan tinggi.
1 PSI = 0,689475729317831 BAR
1.Tekanan tinggi : 14,5 – 15 BAR ( 210 – 220 PSI ) *217.556606595 dibulatkan menjadi 220.
2.Tekanan rendah : 1,5 – 2 BAR ( 20 – 30 PSI ).
Cara pengisian menggunakan manifold gauge
![]() |
Skema_Manifold_Gauge |
1.Pemasangan alat pada sistem ac
![]() |
Pemasangan_Manifold_Gauge |
•Selang merah = Tekanan Tinggi
2.Pengeluaran Isi (Oli dan Freon)
•Bungkus selang kuning dengan majun kemudian di letakkan di dalam botol (Untuk menampung oli
compressor dan Freon buangan).
•Buka kedua katup tekanan tinggi dan rendah (Oli compressor dan Freon keluar dari system ac ke
luar).
•Jika dirasa sudah kosong dalam system, tutup kedua katup tekan.
3.Memvakum system ac
•Posisi selang biru dan merah masih sama.
•Pasang selang kuning pada pompa vakum.
•Hidupkan pompa vakum.
•Buka kedua katup tekan biru dan merah.
Proses pemvakuman dilakukan selama kurang lebih 15 menit.
•Jika sudah 15 menit , tutup kedua katup tekan.
•Matikan pompa vakum.
4.Pengisian oli kompresor
•Sediakan gelas ukur lalu tuangkan oli compressor didalam nya.
•Posisi selang biru dan merah masih sama.
•Celupkan selang kuning ke dalam gelas ukur yang ada oli kompresor ( Pastikan ujung selang benar
benar terendam dalam oli kompresor).
•Pegang manifold gauge buka perlahan-lahan katup tekanan rendah dengan memperhatikan gelas
ukur .
Voume oli yang di isikan 20 – 30 mili liter.
•Jika sudah, tutup katup tekanan rendah.
*jangan salah buka katup, melakukan pengisian melalui katup tinggi akan menyumbat receiver
dryer / ac tidak akan dingin.
•Posisi selang biru dan merah masih sama.
•Pasangkan selang kuning pada tabung gas Freon.
•Buka katup tabung gas Freon.
•Buka kedua katup tekan pada manifold gauge ( perhtaikan jarum pada kedua indicator saat
pengisian)
•Isi Freon jangan melebihi tekanan kerja standar. Atau bisa dengan cara melihat kaca pada receiver
dryer jika tidak ada gelembung berate sudah penuh dengan Freon.
•Jika sudah penuh tutup kedua katup tekan manifold gauge.
6.Pengisian Freon kondisi mesin hidup
•Posisi selang biru, merah, dan kuning masih sama.
•Hidupkan mesin.
•Perhatikan tekanan kerja di kedua indicator.
Jika tekanan kerja kurang pengisian hanya boleh dilakukan dengan katup tekanan rendah.
•Buka katup tekanan rendah sambil memperhatikan indicator , pastikan tekanan kerja sesuai dengan
standar.
•Tutup katup tekan rendah jika Freon sudah sesuai spesifikasi.
7.Melepas alat dari system.
•Tutup katup gas Freon , lalu lepas kan selang kuning dari tabung gas Freon.
•Lepas selang merah dan biru dari kompresor (lakukan dengan cepat agar tidak ada gas Freon yang
terbuang).
Terimakasih telah membaca artikel ini semoga bermanfaat. Tambahkan komentar jika ada yang kurang dari artikel yang saya buat.
Salam Otomotif !!
Didukung oleh
UNY
Library UNY
Journal UNY
0 komentar:
Posting Komentar