Rabu, 25 November 2020


Sekilas Tentang Modifikasi Papas Nok (Poros Camshaft)

        Halo mekanikers kali ini saya akan membahas secara singkat dampak dari modifikasi papas nok yaitu pembukaan katup lebih lama, berikut penjelasannya :

Modifikasi_Papas_Nok

         Jika nok bagian bawahnya di papas maka pembukaan katupnya lebih lama karena……
Apabila Nok dipapas kondisi yang akan terjadi adalah
•    jarak antara nok bagian bawah (B) dengan titik O mengalami pemendekan jarak dibanding yang normal (mendekati diameter asli nok).
•    Tinggi Cam lobe height (selisih, 2.BO – Tinggi total nok) tetap normal seperti nok tanpa papas.


        Akibat nya pembukaan katup akan lebih awal dan penutupan katup akan lebih akhir karena pada saat menutup, posisi nok bagian bawah (BO) lebih rendah atau pendek dibanding nok yang tidak dipapas. Selain itu karena Cam lobe height tidak di papas maka posisi pembukaan katup terbesar akan mengalami pertambahan panjang (efek dari BD dipapas sedangngkan AO jaraknya tetap sama) sehingga Durasi Pembukaan katup akan lebih lama.

        Mengapa papas nok banyak dilakukan oleh beberapa mekanik ? Karena Pembukaan katup yang lebih lama akan meningkatkan efisiensi volumetrik silinder. Efisiensi volumetrik adalah kesesuaian volume silinder dengan banyaknya campuran udara dan bahan bakar yang dihisap. Semakin baik efisiensi volumetrik, tenaga yang dihasilkan semakin maksimal. Disisi lain, papas nok memungkinkan terjadinya overlaping karena pembukaan katup yang lebih awal dan penutupan yang sedikit lebih lama. Jadi dapat dikatakan overlaping yaitu peristiwa ketika katup masuk dan katup keluar sama sama terbuka. Dampak dari overlaping yaitu karena kedua katup membuka secara bersamaan, maka ketika udara dihisap melalui katup masuk akan mendorong gas sisa pembakaran lewat katup buang (Pembilasan). Sehingga ruang pembakaran benar benar terisi oleh gas baru.

Informasi seputar dunia otomotif

0 komentar:

Posting Komentar

Hubungi Kami

No. Telepon :

085600855575

Alamat :

Kemiri, Purworejo,
Jawa Tengah,
Indonesia

Email :

nurulfikritkrb@gmail.com